Belum Menikah dalam Usia 30-an? Mau Ngapain?

Spread the love

Kebanyakan orang menganggap usia 30-an adalah usia yang sudah cukup matang untuk menikah. Tapi, hidup nggak semudah mencari gorengan di burjo, Kawan. Mari kita lihat betapa berharganya usia 30-an jika kalian memang belum menikah. Entah memang belum laku atau belum menemukan pasangan yang cocok. Jangan khawatir, kehidupan pada usia ini adalah masa ketika kalian memantapkan diri menjadi pribadi yang sejati atau jomblo sampai mati. Hehehe. Semakin anda melewati usia 30 tahun, acara menetapkan hati dan memilih tempat untuk party sudah nggak jadi happy.

Para orang tua memandang pernikahan pada usia tua adalah sebuah petaka, karena nantinya seseorang akan menua tetapi anaknya masih belia. Belum lagi, masalah kondisi fisik akan bermunculan saat sudah termakan usia. Jangan harap menggendong anakmu jika tulang belakang kesayanganmu sudah tak mampu. Ditambah, stereotip masyarakat yang memberikan pandangan telat menikah adalah sebuah kegagalan. Cara pandang tua seperti ini memang sudah mendarah dan mendaging di hampir semua lapisan masyarakat. Memang yang nikah muda selalu bahagia? Yang nikah tua tidak bahagia? Tidak Ferguso.

Kematangan usia 30-an bukan berarti tidak memikirkan masa depan soal menikah, ya? Ingat, menikah bukan seperti membeli ayam dalam karung yang bisa kita beli tanpa tahu apa isinya. Pokoknya ayam, nah iya, kalo kamu jantan butuh betina, kalo isi jantan juga? Menikah adalah proses ibadah yang membutuhkan kekhusyukan, kesungguhan maka diperlukan dan dipikirkan matang-matang sebelum berjalan. Lalu, mengapa masih banyak orang yang belum menikah pada usia 30-an? Banyak juga yang menikah dibawah usia 30-an, malah ada yang masih belasan. Apa mereka membeli ayam dalam karung?

Lalu, apa yang bisa kita lakukan jika pada usia 30an belum menikah? Pertanyaan ini sebenarnya bukan menemukan jawaban paling ideal bagi kaum muda 30-an pada era milenial ini. Kita masih selamat hidup pada era sekarang karena punya banyak pilihan untuk melakukan sesuatu. Misalnya, aktivitas-aktivitas berikut ini:

1.      Travelling

Usia 30-an bukanlah waktu untuk mencari jati diri, kan? Kalian pasti sudah menyelesaikan masa terindah kalian berjuang untuk lulus kuliah dan kemudian bekerja. Mulailah memikirkan dan merencanakan untuk melakukan sebuah perjalanan. Dengan travelling, kita menerapi diri melawan cibiran-cibiran jahat yang terus menembus telinga hingga ulu hati. Manfaatkan tabunganmu untuk kegiatan yang menyenangkan!

2.      Mulailah Merambah Bisnis Daring

Kita beruntung karena hidup pada era yang semua serba mudah, serba cepat, serba apa saja. Dengan memanfaatkan sedikit keahlian memainkan gadget, semua bisa saja menghasilkan uang. Bisa memulai dengan merambah dunia bisnis kuliner, atau menjadi supplier sepatu online yang digemari anak muda. Atau pula, menyediakan jasa-jasa baru dengan menerapkan pelayanan ke pelanggan. Mungkin jasa menjadi pasangan sementara selama seminggu? Perlu juga tuh untuk menemani makan dan tempat cerita kala gundah gulana! Mantul!

3.      Investasi Pendidikan

Pada masa mendatang, pendidikan adalah hal yang mahal untuk kita beli. Anak-anak akan menghadapi situasi pendidikan yang tidak mudah untuk dilakukan. Sekarang saja, sudah berapa banyak biaya untuk pembelajaran jarak jauh? Maka, kalian perlu menginvestasikan pendidikan pada masa lajang, sebelum kalian mengubah nasib anak-anak kalian pada masa mendatang. Seperti halnya harga tanah yang semakin hari semakin mahal, pendidikan perlu untuk kalian bayar sekarang. Jangan tunda, ini bisa menjadi langkah menarik dan bisa membungkam opini-opini orang lain. Sebab, menikah pada usia 30-an tidak seburuk itu.Itu tadi adalah tiga hal yang mungkin bisa kalian lakukan pada usia 30-an sebelum melepas masa lajang kalian. Pernikahan bukan soal usia bukan soal ceramah para orang tua, apalagi soal masa depan kalian. Soal usia seseorang, mana ada yang tahu selagi bisa bahagiain diri sendiri. Bahagiain aja sebelum kamu bahagiaindoi yang lagi dijaga orang lain. Salam bahagia!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.