Cooperativa Integral Catalana: Sebuah Studi Organisasional tentang Kooperasi Poskapitalis (11)

Spread the love

Terjemahan Ardhiatama Purnama Aji

baca bagian 10

MaCUS

MaCUS[1] (kependekan dari “Maquines  collectivitzades d’us social”, artinya mesin kolektif untuk kegunaan sosial) merupakan proyek otonom inisiasi kolektif lain yang berdiri sejak 2012, bertujuan untuk menjadi laboratorium kooperasi di Barcelona. Di sana, mesin tradisional dan teknologi mutakhir digunakan dalam penelitian kolaboratif, pembangunan dan produksi. MaCUS bermarkas di suatu lahan seluas 600 m2  dan mencakup bangunan dua-lantai di Sant Marti. Tempat tersebut menjadi pusat aktivitas kelompok yang terhubung erat antara perajin modern dan tradisional. Mereka tehubung satu sama lain dalam membuat perabotan kayu, pakaian, obat herbal, memperbaiki sepeda, dan alat elektronik rumahan (fotografi, seni pahat, dan produksi musik digital).

Model usaha MaCUS ini berbasis pada penyewaan ruangan dalam bangunan kepada anggota-anggota kolektif, di mana mereka bisa mengatur tempat kerja mereka sendiri. Biaya sewanya adalah 10 € per meter2 beserta air, listrik, internet, dan telepon. Uang itu kemudian digunakan untuk membayar tagihan utilitas bangunan (sekitar 200-300 euro per bulan) dan biaya sewa, jumlahnya 1.833 euro per bulan. Guna memperkuat kelayakan ekonomis proyek ini, anggota MaCUS tengah menjajal model usaha yang berfokus dalam pembangunan prototipe. Hal itu dilakukan agar prototipe dapat terjual dalam tiga bagian, menyediakan tambahan aliran dana.

Dalam hal manajerial, anggota MaCUS bertemu untuk membuat keputusan sekali per bulan secara langsung dan demokratis (berbasis konsensus). Organisasi ini berdasar pada kolektivitas yang horisontal dan anti-hirarkis. Hal tersebut ditunjukkan oleh fakta bahwa mereka setara: mereka (para penyewa tempat itu) semua pada saat yang sama adalah anggota pengeloia kolektivitas MaCUS dan dapat berpartisipasi secara setara dalam menentukan keputusan.

Relasi antara CIC dan MaCUS merupakan hal yang cukup menarik. MaCUS berdiri atas inisiasi CIC dan secara finansial didukung oleh pembayaran sewanya. Bagaimanapun, pendapatan dihasilkan dari penyewaan ruang di dalam bangunan kepada anggota kolektif yang telah diizinkan MaCUS untuk ikut bagian dalam sebuah proyek keberlanjutan mandiri secara ekonomis., yang tidak membutuhkan bantuan finansial tertentu dari pihak luar. Di samping adalah tujuan proyek otonom inisiasi kolektif.

[1] URL: https://www.facebook.com/MaCUS-527463237312344/

 

Catatan: Tulisan ini merupakan serial terjemahan laporan George Dafermos, “The Catalan Integral Cooperative: An Organizational of A Post-Capitalist Cooperative” (2017). Laporan tersebut dapat diunduh di tautan: http://commonstransition.org/the-catalan-integral-cooperative-an-organizational-study-of-a-post-capitalist-cooperative/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.