Cooperativa Integral Catalana: Sebuah Studi Organisasional tentang Kooperasi Poskapitalis (13)

Spread the love

Terjemahan Ardhiatama Purnama Aji

baca bagian 12

Ekosistem Ekonomis CIC: Jaringan Pertukaran Lokal dan Valuta Sosial

Suatu karakteristik gerakan sosial itu sehat adalah para pelakunya dapat menciptakan struktur dan alat yang mampu menunjang kebutuhan dan tujuan mereka. Model ekonomi CIC adalah “melakukan secara bersama elemen ekonomi dasar: produksi, konsumsi, pembiayaan, dan valuta atau mata uang lokal”[1]. Secara paradigmatis, hal itu merupakan aksioma empiris karakteristik di atas.

Inti model ekonomi tersebut dikenali juga sebagai jaringan pertukaran lokal. Jaringan ini biasanya memiliki anggota berjumlah puluhan hingga ratusan. Mereka menukarkan barang dan jasa dengan menggunakan mata uang lokal digital, yang dimiliki mereka saja. Esensinya, tiap jaringan pertukaran mempunyai pasar bagi komunitas lokal yang dikelola secara mandiri. Di dalam pasar, para anggota dapat melakukan jual-beli barang dan jasa yang secara lokal, tersedia. Pembayaran dapat berupa barter atau jika tidak, valuta lokal digunakan sebagai alat tukar. Transaksi yang menggunakan mata uang lokal didasarkan pada prinsip kredit bersama. Artinya, suatu transaksi dilakukan dua pihak: akun kredit dan debit. Dari sudut pandang teknis, menjaga jejak transaksi dam keseimbangan kredit-debit anggota dapat dijalankan dalam platform daring—yang biasa disebut sistem pertukaran komunitas. Sistem tersebut adalah alat  untuk mengelola akun para anggota jaringan dan pasar komunitas lokal.

Di Catalonia secara spesifik, terdapat lebih dari 40 jaringan pertukaran yang disebut “jaringan-eco” (“ecoxarxes” dalam bahasa Katalan) karena valuta Katalan “eco”, beberapa varian digunakan semua.[2] Kemunculan eco di Catalonia dapat dilacak hingga 2009—sekira setahun sebelum pembentukan CIC pada 2010—ketika jaringan-eco Tarragona dan Montseny memperkenalkan valuta alternative milik mereka (CIC 2015, Flores 2015).

Meski ukuran mereka berbeda-beda secara subtansial, sejumlah jaringan-eco memiliki ribuan anggota: secara indikatif, jaringan-eco yang diluncurkan CIC pada 2010 beranggota 2.634 orang.[3] Dari sudut pandang teknis, pengoperasian sekira separuh jumlah jaringan-eco berdasar pada Community Exchange System (CES).[4] Sementara itu, sisanya telah “bermigrasi” ke platfotm IntegralCES,[5] yang dibangun atas inisiasi CIC dan sejumlah jaringan-eco sebagai versi modifikasi CES karena menyesuaikan kebutuhan lokal mereka.

Sekalipun faktanya jaringan-eco merepresentasikan struktur lokal otonom, mereka tidak saling terpisahkan. Pertama, perangkat lunak yang mereka jalankan memungkinkan transaksi dengan anggota jaringan-eco lain. Kedua, meski tiap jaringan-eco memiliki majelis otonom, mereka semua terhubung dalam institusi meta-governance, seperti “Space for the coordination of social currencies” (‘Espai de coordinació de monedes socials’)[6] dan “Bioregional assemblies” di Utara dan Selatan Catalonia.[7]  Institusi tersebut melakukan pelayanan sebagai organ koordinasi informal bagi semua jaringan-eco di teritori Katalan.

Demikian adalah garis besar tentang ekosistem ekonomis yang tertanam di CIC. Ekosistem tersebut bertujuan sebagai alat “yang dapat dibayangkan” dalam peralihan menuju masyarakat pos-kapitalis: suatu jaringan swakelola yang terorganisasi secara horizontal dengan alat tukar alternatif mereka.

 

Catatan Akhir

[1] CIC (tanpa tanggal) ‘What’s CIC?’, di http://cooperativa.cat/en/4390-2/

[2] URL: http://ecoxarxes.cat/ecoxarxes/

[3] URL: https://integralces.net/el/ces/bank/exchange/otherexchanges/COOP/statistics (diakses pada  24, 2017)

[4] URL: https://www.community-exchange.org

[5] URL: http://integralces.net

[6] URL: http://www.monedasocial.cat

[7] URL: https://bioregionalnordcic.blogspot.gr dan http://bioregiosud.cooperativa.cat

 

Catatan: Tulisan ini merupakan serial terjemahan laporan George Dafermos, “The Catalan Integral Cooperative: An Organizational of A Post-Capitalist Cooperative” (2017). Laporan tersebut dapat diunduh di tautan: http://commonstransition.org/the-catalan-integral-cooperative-an-organizational-study-of-a-post-capitalist-cooperative/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.