Cooperativa Integral Catalana: Sebuah Studi Organisasional tentang Kooperasi Poskapitalis (7)

Spread the love

Baca Bagian 6

Terjemahan Ardhiatama Purnama Aji dan Bagas Yusuf Kausan

Network of Science, Technique and Technology

Xarxa de Ciencia, Tecnica i Tecnologia (XCTIT) adalah komite yang memiliki tanggung jawab membangun alat dan mesin yang disesuaikan dalam proyek produktif di jaringan kooperasi CIC[1]. Motivasi XCTIT mengerjakan tugasnya adalah keyakinan bahwa mesin—yang dibangun industri—tidak layak pada kebutuhan proyek bersama. Hal itu dilakukan karena mereka terkurung dalam ketergantungan kepada usaha kapitalis. Secara kontras, XCTIT memberikan solusi—yang menunjukkan prinsip keterbukaan, teknologi yang pantas, dan revolusi integral—cocok pada keperluan proyek kooperasi yang kecil. Dalam proses kerjanya, XCTIT selaku suatu “kendaraan”, melayani perbaikan pengetahuan, teknik, dan teknologi di dalam gerakan kooperasi yang baru.

Sekarang ini, aktivitas XCTIT berfokus pada pembangunan beraneka prototipe—mayoritas alat dan mesin agrikultural—dan pengadaan loka karya atau pelatihan yang bertujuan membagikan pengetahuan. XCTIT juga dimanfaatkan dalam memperoleh izin (lisensi) pembangunan artefak teknologi oleh komite dan kolabolatornya. Lisensi terakhir yang mereka peroleh adalah sebuah rancangan terbuka bernama “XCTIT-GPL”[2]. Lisensi tersebut memberikan hak kepada penggunanya untuk memodifikasi dan meredistribusi teknologi (yang terlisensi). Dengan demikian, mereka menyediakan perlindungan hukum dan berbagi pengetahuan secara bebas.

Komite ini terdiri atas lima anggota (bekerja secara penuh) dan 20 kolabolator yang secara aktif terlibat dalam aktivitas XCTIT. Untuk mengoordinasikan kelompok dan mengambil keputusan, anggota XCTIT bertemu sekali dalam seminggu di Can Fugarolas—yang telah menjadi “bengkel” mereka sejak 2014.

Can Fugarolas[3] bukanlah hanya berupa bangunan biasa. Can Fugarolas merupakan ruang yang dikelola secara kolektif seluas 4.000 m2 di sebuah kota kecil bernama Mataro (dekat Barcelona) di Catalonia. Untuk membayar sewa seribu euro per bulan, tiap kolektivitas berkontribusi sesuai dengan luas tempat yang digunakan di dalam bangunan. Hal itu juga didasari oleh karakter kegiatan tiap aktivitas mereka—baik yang berorientasikan profit mau pun “eco-friendly”. Bagi XCTIT sendiri, pembayaran sewa yang harus dibayarkan berjumlah 100 euro per bulan.

Sampai sekarang, kegiatan komite didukung oleh “pendapatan dasar” dari 400 “unit moneter” yang diterima tiap anggotanya. Bagaimanapun, dalam konteks desentralisasi CIC, kucuran dana sebagai pendapatan dasar XCTIT oleh dihentikan, sejak rapat tetap (permanent assembly) yang diselanggarakan di Barcelona, Mei 2016. Dengan demikian, XCTIT berubah status dari semula yang merupakan komite menjadi proyek otonom secara finansial. Dampaknya, XCTIT berencana untuk menggantungkan pendapatan dari dua sumber: pertama, XCTIT memperoleh 20% penghasilan dari penyelenggaran loka karya atau pelatihan kelompok kolektif lain yang bertempat di Can Fugarolas[4]. Berikutnya, XCTIT bercita-cite melengkapi pendapatan melalui replicat.net, yang sampai saat ini, diluncurkan sebagai sebuah e-shop bagi prototipe yang telah dibangun XCTIT dan kolaboratornya[5].

[1] URL: http://xctit.replicat.net

[2] URL: http://xctit.replicat.net/licencia-xctit-gpl/

[3] URL: http://www.canfugarolas.org

[4] Sejauh ini, pendapatan dari sumber pertama digunakan untuk mendanai jaringan XCTIT, seperti Faboratory dan Can Cuadres.

[5] XCTIT memperoleh 2% penghasilan dari penjulan prototipe milik kolaboratornya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.