Cooperativa Integral Catalana: Sebuah Studi Organisasional tentang Kooperasi Poskapitalis (9)

Spread the love

Terjemahan Ardhiatama Purnama Aji

baca bagian 8

CASX

Cooperativa d’Autofinacament Social Xarxa (CASX)[1]—yang artinya Kooperai Sosial dan Jaringan Pembiayaan Mandiri—merupakan suatu tabungan, donasi, serta pendanaan proyek kooperasi yang diatur dalam menyediakan pendanaan proyek yang tergabung dengan prinsip-prinsip CIC dan revolusi integral. “Deposit dibikin untuk CIC digunakan dalam pembiayaan dan pengelolaan secara mandiri atau kolektif dengan maksud kebaikan bersama.”[2] Sejak 2013, CASX telah menyediakan €59.329 dalam mendanai 18 proyek.

Didirikan oleh CIC pada 2012 sebagai suatu “proyek otonom inisiasi kolektif”, CASX telah beroperasi secara legal sejak 2013, menggunakan bentuk legal dari Xarxa d’Autogestio Social SCCL, yang merupakan salah satu “alat hukum” yang diberikan CIC kepada anggota proyeknya. Sekarang ini, CASX telah memiliki 155 anggota, yang banyak mewakili kooperasi dan kolektifan lain. Biaya keanggotaan untuk proyek individual berjumlah €15, sedang proyek kolektif berjumlah €51. Catatan karakter aktivistik sebuah proyek terbilang bagus yang ditunjukkan faktanya bahwa deposit untuk CIC cukup menarik sekalipun cuma-cuma. Deposit itu sangatlah luar biasa, jumlah totalnya 250.000 euro dalam empat tahun terakhir.

Dalam penetapan keputusan, mereka mengadakan rapat sebulan sekali di AureaSocial.[3] Bagaiamanapun, rapat CASX tidaklah otonom sepenuhnya, karena kebanyakan keputusan harus disetujui oleh rapat permanen dalam CIC sebelum diimplementasikan. Lebih dekat, alasan yang jelas adalah kolaborasi antara CASX dengan Comittee of Economic Management. Aktivitas harian CASX bergantung pada dua anggota CIC yang menerima pendapatan dasar dari 140 “unit moneter” (dalam hal ini, berjumlah 120 euro dan 20 eco) per bulan.

Pekerjaan CASX telah disuspensasi sejak awal 2016 untuk diatur ulang secara organisatif seputar masalah model deposit dan pembiayaan berbasis eco. Hal itu talah dijadwalkan bergulir lagi ketika CASX melanjutkan operasinya beberapa bulan mendatang. Sepanjang pelaksanaan model usaha yang baru, tujuan utama CASX pada masa depan adalah desentralisasi model untuk reproduksi lokal. “Dengan demikian tiap lingkungan tetangga, kota kecil atau kota bisa mulai menghasilkan majelis CASX sendiri, mengelola sumber daya anggota lokal mereka untuk proyek-proyek lokal.”[4]

SOM Pujarnol

SOM Pujarnol[5] adalah sebuah kelompok yang menampilkan prinsip-prinsip revolusi integral dan agro-ekologi. Mereka tinggal dan bekerja di menara berusia ribuan tahun (dikenal dengan Menara Pujarnol di Banyoles) di salah satu provinsi Catalan, Pla de l’Estany. SOM Pujarno didirikan sekitar empat tahun lalu sebagai sebuah “proyek otonom inisiasi kolektif” CIC. SOM Pujarnol bertujuan untuk mencontohkan suatu model hidup keberlanjutan secara manusiawi dan lingkungan di Catalan.

Menara dan lahan seluas 70 hektar di sekelilingnya dimiliki oleh sebuah yayasan yang telah menyewakannya kepada CIC selama 15 tahun (dibayarkan seribu euro per bulan). Yayasan itu mensyaraktkan CIC untuk memperbaiki beberapa bagian-bagian menara yang telah rusak dimakan usia. Di samping itu, alasan mereka disewakan lahan 600 m2 dengan murah, karena beberapa orang—anggota SOM Pujarnol sejumlah sembilan orang, termasuk dua anak-anak—bertanggung jawab atas perbaikan bangunan di lahan tersebut.

Dalam membuat keputusan, kelompok ini melakukan rapat sekali dalam sepekan. Biasanya, keputusan berkaitan dengan pengelolaan proyek berbasis konsensus. Tugas rutin yang mereka lakukan adalah memasak dan membersihkan ruangan—tergabung dalam sistem rotasi jadi mereka berpartisipasi secara setara.

Hubungan SOM Pujarnol dengan CIC bukanlah relasi dependensi ekonomi, melainkan suatu kolaborasi berdasarkan pada prinsip-prinsip bersama.[6] Oleh karenanya, SOM Pujarnol tak lagi menerima bantuan finansial dari kooperasi. Kemudian, untuk kelangsungan ekonomi proyeknya, SOM Pujarnol bergantung pada pendapatan dari tiga sumber utama: mereka memproduksi dan menjual produk—seperti falafel, saus, burger sayur, dan humus—dalam jaringan-eco lokal di Girona dan CAC; mereka mengelola acara seperti jam session tiap Jumat; serta mereka menyediakan akomodasi “kasur & sarapan” bagi pengunjng yang menghabiskan beberapa hari di Menara Pujarnol.

 

Catatan Akhir

[1] URL: http://www.casx .cat/

[2] CIC (tak bertanggal) “Auto-financing”, di situs http://cooperativa.cat/en/economic-system/auto-financing/

[3] Konsensus terbilang tidak memungkinkan untuk dilakukan oleh anggota CASX  dalam memutuskan dibiayai atau tidak, anggota yang mendukung dalam proposal pembiayan bisa melakukannya dengan menggunakan deposit CASX personal mereka.

[4] CIC (tak bertanggal) “Auto-financing”, di situs http://cooperativa.cat/en/economic-system/auto-financing/

[5] URL: https://www.facebook.com/people/Som-Pujarnol/100010861595073

[6] Sebagai contoh, SOM Pujarnol memiliki peran dalam komite CIC dan bertanggung jawab untuk merekrut serta induksi anggota baru CIC (juga dikenal dengan “Acollida Comision”) di Provinsi Garrotxa.

 

Catatan: Tulisan ini merupakan serial terjemahan laporan George Dafermos, “The Catalan Integral Cooperative: An Organizational of A Post-Capitalist Cooperative” (2017). Laporan tersebut dapat diunduh di tautan: http://commonstransition.org/the-catalan-integral-cooperative-an-organizational-study-of-a-post-capitalist-cooperative/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.