Pentingnya Pendidikan Mitigasi Bencana

Spread the love

Pandemi Covid-19 menjadi musuh dalam kehidupan sehari-hari umat manusia. Pandemi ini memberi dampak pada berbagai aspek, termasuk pendidikan. Di Indonesia, pandemi berdampak besar terhadap dunia pendidikan.

Pandemi sebagai bencana non-alam harus dilawan dengan perubahan, khususnya bidang pendidikan. Perubahan itu misalnya dengan pengembangan media pembelajaran untuk menunjang pendidikan di tengah pandemi.

Dalam Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), hal itu salah satunya bisa ditempuh lewat materi mitigasi bencana. Mitigasi bencana sebagai usaha preventif dalam menghadapi bencana. Sebab manusia tidak akan pernah tahu sampai kapan bencana ini. 

Seorang pendidik IPS, Nur Faizah mengatakan bahwa IPS memiliki tanggung jawab besar dalam menghadapi masalah ini. “Saya rasa, IPS harus memberi perubahan ketika seluruh aspek kehidupan juga berubah,” ungkapnya.

Ia berpendapat bahwa pandemi memberikan dampak yang besar dalam kehidupan manusia. IPS harus menjalankan tanggung jawab, yaitu dengan memberi perubahan untuk menanggapi pandemi ini.

Pekerjaan yang dapat dilakukan dalam pendidikan IPS lewat materi mitigasi bencana yakni dengan cara memberi pengajaran kepada peserta didik tentang usaha preventif menghadapi bencana non-alam. Hal itu dapat dilakukan dengan membiasakan mereka sadar pentingnya menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, pembelajaran juga dapat dilakukan dengan  model pembelajaran online atau daring. 

Mitigasi lain yang dapat dilakukan untuk menangani masalah ini yakni dengan memerhatikan letak suatu wilayah.

Dalam melakukan mitigasi bencana, usaha yang dapat dilakukan yaitu dengan merancang secara sistematis dan memerhatikan letak suatu wilayah dalam proses belajar mengajar. Sebab dengan memerhatikan letak suatu wilayah, kegiatan belajar mengajar akan berjalan secara baik, sesuai kebutuhan, dan kualitas pendidikan akan tetap terjaga meski dilaksanakan secara online.

Mitigasi bencana merupakan hal penting yang harus diketahui peserta didik agar dapat melakukan usaha preventif dalam menanggapi pandemi Covid-19. Mitigasi bencana yang dapat dilakukan IPS dalam proses pembelajarannya yakni dengan penayangan video atau gambar mengenai cara-cara menangani pandemi Covid-19. Tentu itu harus berkaitan dengan materi pembelajaran IPS. Misalnya dalam pembelajaran interaksi sosial. Interaksi sosial yang biasanya dilakukan secara langsung, akibat pandemi itu terjalin secara tidak langsung atau jarak jauh.

Beberapa hal yang dapat dilakukan dalam mitigasi bencana ini diharapkan dapat memberikan perubahan dan angin segar dalam penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia. (nanang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.